Tari Kecak Kesenian dari Bali

     Di suatu pulau kecil yang sangat indah yaitu pulau Bali terdapat suatu tari, yaitu tari Kecak, bila kita melihat dan mendengarnya pastinya tari ini tidak luput dari kata "cak,cak,cak" itulah suara khas dari tari ini, tari ini sangat mempesona dan pasti ada turis-turis dari mancanegara yang melihatnya
baik domestik maupun non domestik.
     Tari Kecak adalah suatu kesenian tradisional dari bali yang pertama kali diciptakan pada kisaran tahun 1930 oleh seorang penari sekaligus seniman dari bali yang bernama Wayan Limbak. Wayan Limbak mempunyai seorang sahabat yang bernama Walter Spies yang juga seorang pelukis dari Jerman. kedua orang inilah yang jadi pencetus tari Kecak yang sangat terkenal hingga saat ini.
     Tari ini diciptakan tanpa sengaja, tari ini diambil dari sebuah tarian adat pemujaan yang dikenal dengan sebutan Sanghai.
     Tarian Sanghai adalah tarian pemujaan atau tarian religi gunanya sebagai penolak balak atau pengusir haba penyakit.
     Bila kita lihat pemain tari adalah laki-laki dikarenakan tari ini sangat menguras tenaga. tari ini biasanya ditampilkan di daerah Uluwatu, Garuda Wisnu Kencana, Ubud, dan Gianyar Bali.
     Antusias masyarakat Bali akan keberlangsungan dan kelestarian kesenian tradisional membuat banyak orang belajar dan tertarik untuk melakukan tarian yang diciptakan oleh Wayan Limbak ini. Tak heran jika hampir semua pemuda bali khususnya para laki-laki mampu melakukan gerakan tarian ini dengan cara duduk melingkar. Para penari mengenakan pakaian khas bercorak kotak-kotak hitam putih mirip dengan papan catur.
     Dari tahun 1970 tari Kecak terus mengalami peningkatan, bahkan pemerintah daerah setempat menjadikan tari ini sebagai icon budaya masyarakat Bali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tari Mandulang Intan budaya dari Banjar

Tari Baksa Kembang Budaya dari kalimantan selatan

Tari Saman Budaya dari Aceh