Tari Tor Tor dari Sumatra Utara Budaya Suku Batak


     Tari Tor Tor yang  berasal dari Provinsi Sumatra Utara, tari ini merupakan kebudayaan suku Batak. Tari Batak ini ditampilkan oleh sekelompok orang yang tidak luput dari pakaian adat suku Batak Toba. orang Toba menjuluki tari ini dengan Manortor. bila kalian melihat tari Tor Tor pasti kalian akan mendengar alat-alat musik tradisional (Gondang Sabangunan). Orang yang menarikan tari Tor Tor selalu menari dengan dengan riang gembira. Tari Tor Tor sering kali diadakan didaerah Tapanuli.
     Tari Tor Tor sudah sangat terkenal di penjuru dunia. itu penyebabnya tari ini selalu dilihat turis sang sangat banyak baik Domestik maupun Nondomestik..
     Tari Tor Tor sudah diciptakan dari abad 13 an. Awalnya tari Tor Tor hanya berada di pulau Samosir, daerah danau Toba, dan kawasan Humbang. awalnya tari Tor Tor dilakukan untuk upacara ritual kepada patung yang dimasuki roh, tapi uniknya patung ini akan menari sendiri. Setelah masuknya kristen di kawasan Silindung tari ini hanya buat seng-senang dan juga acara ritual itu pun dihilangkan.

adapun juga jenis-jenis tari tor tor sebagai berikut :
Jenis Tari Tor Tor:
  • Tor Tor Pangurason yaitu tari pembersihan yang dilaksanakan pada acara pesta besar. Namun sebelum pesta besar tersebut dilaksanakan, lokasi yang akan digunakan untuk acara pesta besar wajib dibersihkan dengan media jeruk purut. Ini diperuntukkan, pada saat pesta besar berlangsung tidak ada musibah yang terjadi.
  • Tor Tor Sipitu Cawan atau disebut juga Tari Tujuh Cawan. Tor Tor ini dilaksanakan pada acara pengangkatan raja. Tor Tor Sipitu Cawan menceritakan 7 putri yang berasal dari khayangan yang turun ke bumi dan mandi di Gunung Pusuk Buhit dan pada saat itu juga Pisau Tujuh Sarung (Piso Sipitu Sasarung) datang.
  • Tor Tor Tunggal Panaluan yang merupakan suatu budaya ritual. Kemudian ada Tor Tor Tunggal Panaluan yang dilaksanakan pada saat upacara ritual apabila suatu desa sedang dilanda musibah. Untuk Tor Tor ini, penari dilakukan oleh para dukun untuk mendapatkan petunjuk dalam mengatasi musibah tersebut.
Sekarang ini Tari Tor Tor m

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tari Mandulang Intan budaya dari Banjar

Tari Baksa Kembang Budaya dari kalimantan selatan

Tari Saman Budaya dari Aceh