Tari Mandulang Intan budaya dari Banjar

     Tari Mandulang Intan, tari ini sudah mulai banyak orang yang melupakannya, sebaiknya kita sebagai bangsa Indonesia harus mencintai budaya kita, jangan sampai budaya kita diambil atau dilupakan. Bila kita ke Banjar kita akan sulit mencari tari ini karena sekarang tari ini jarang di tampilkan lagi
     Dapat kita lihat bahwa tari ini menceritakan warga yang sedang mencari intan secara tradisional.
Sejarah Perkembangan tari Mandulang Intan 
     Kalimantan Selatan memiliki kawasan pendulangan Intan yang terletak di Desa Cempaka tepatnya di kota Banjarbaru. Mata pencarian terbesar dan turun temurun penduduk kampung cempaka  adalah mencari intan atau biasanya disebut oleh warga setempat mandulang intan.  
     Dengan adanya aktivitas mandulang Intan tersebut  menjadi ide garapan terciptanya Tari Mandulang Intan. Bersumber dari tata cara mandulang intan, maka diciptakan gerakan-gerakan tari yang menggambarkan kegiatan mandulang intan tersebut. Mandulang intan merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat Cempaka untuk mendapatkan batu mulia (intan). 
     Dalam mandulang intan banyak cara-cara yang dilakukan sebelum mendapatkan intan tersebut. Cara tersebut antara lain, mencari letak keberadaan Intan, membuat lubang serta menggalinya, manirak atau memperkokoh lubang, malinggang atau mencari intan tersebut dan kemudian mendapatkan intan. Hal inilah yang dituangkan dalam bentuk gerak tari yang disebut Tari Mandulang Intan.
      Sekarang warga setempat menggunakan tari ini sebagai saran hiburan dan juga acara-acara dan ritual-ritual penting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tari Baksa Kembang Budaya dari kalimantan selatan

Tari Saman Budaya dari Aceh